Perbedaan negara berkembang & negara maju

Posted by Diposting oleh ARWIN ~ en ~ ART On 07.19

Selama ini perbedaan negara berkembang dan negara maju bisa dilihat dari indikator ekonominya seperti pertumbuhan ekonomi atau GDP. Atau dari tingkat penguasaan teknologi canggih. Malah sekarang bergeser ke berapa hadiah nobel yang diterima oleh suatu negara. Disini keliatan sekali perbedaan antara negara berkembang dan maju.

Penggunaan Peta

Tapi ternyata perbedaan negara maju dan berkembang dapat juga dilihat dari aspek spasial (geo-spatial) khususnya ketersediaan petanya. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang (perasaan dari dulu negara berkembang terus..) juga punya sifat keterbatasan dalam mengakses peta. Peta yang dimaksud khususnya peta rupa bumi. Publik sangat sulit untuk mengakses peta tersebut walau yang skala kecil sekalipun. Coba cari peta Indonesia dalam bentuk digital skala 1 : 1.000.000 misalkan. Seharusnya peta skala yang sangat kecil ini dapat diakses secara online.

Kenyataannya sulit mendapatkan peta tersebut. Seharusnya hal ini tidak terjadi lagi (baca artikel “outlet peta”). Bandingkan dengan negara maju seperti Jepang. Mudah untuk mendapatkannya. Kita bisa beli peta skala besar sampai 1 : 5000 bahkan mungkin skala yang lebih besar di toko, bak membeli kopi susu perah asli Lembang. Silakan dicek untuk kasus negara berkembang dan maju lainnya. Mungkinkah ini terkait dengan kebijakan masing-masing negara?